header-int

Laporan Indikator Kinerja STIK Budi Kemuliaan Tahun 2022

Jumat, 14 Jul 2023, 11:42:18 WIB - 425 View
Share
Laporan Indikator Kinerja STIK Budi Kemuliaan Tahun 2022

           Pada tahun 2022, angka pandemi Covid-19 di Indonesia telah mengalami penurunan yang signifikan. Dengan adanya kondisi tersebut maka kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di STIK Budi Kemuliaan secara bertahap telah beralih menjadi metode luring. Pada bulan September 2022 kegiatan perkuliahan di kelas telah dilaksanakan secara luring sebagaimana yang telah dilakukan terlebih dahulu pada kegiatan pembelajaran di laboratorium dan praktik klinik. Meski demikian, pemanfaatan teknologi sebagai sarana penting dalam mendukung kegiatan pembelajaran tetap diperkuat melalui pemanfaatan  Sistem Informasi Manajemen dan Akademik (SIMAK)  yang memfasilitasi pengembangan e-learning serta mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.  Hal ini telah dirintis sejak tahun 2022 dan pengembangannya dilanjutkan dalam Rencana Kerja 2023.

              Klik LINK untuk melihat gambar.

        Pada bulan September 2022, STIK Budi Kemuliaan telah meluluskan angkatan pertama  mahasiswa Program Studi Sarjana Kebidanan dan para lulusan tersebut melanjutkan kegiatan pembelajaran sebagai mahasiswa angkatan pertama Program Studi Profesi Bidan. Untuk itu Rencana Kerja 2023 berfokus pada persiapan pembukaan program lintas jalur dengan mahasiswa yang berasal dari lulusan Diploma Tiga Kebidanan ke Sarjana Kebidanan dan lulusan Diploma Empat Kebidanan atau Sarjana Kebidanan ke Profesi Bidan. Sejalan dengan implementasi UU no.4 tahun 2019 tentang Kebidanan maka IBI juga berencana menyelenggarakan Program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) Pendidikan Profesi Bidan bekerja sama dengan Institusi Pendidikan Kebidanan yang memenuhi persyaratan. Hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan untuk STIK Budi Kemuliaan. Diperlukan persiapan yang optimal dalam aspek input (kurikulum, sumber daya insani, sarana prasarana, kerjasama dengan lahan praktik, calon mahasiswa), aspek proses pembelajaran di jenjang Profesi maupun aspek output yang diharapkan. Untuk itu, diperlukan dukungan dari semua Direktorat dan stakeholder lainnya agar penyelenggaraan Pendidikan Profesi Bidan, baik dari jalur reguler maupun lintas jalur dapat berjalan dengan kualitas yang baik.

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Budi Kemuliaan yang disingkat menjadi STIK-BK merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dibidang kesehatan yang mencetak para bidan yang profesional.
© 2024 STIK Budi Kemuliaan Follow STIK Budi Kemuliaan : Facebook Twitter Linked Youtube